Minggu, 20 Agustus 2017

Mengeluh VS Ucapan Syukur


Mengeluh adalah hal termudah untuk dilakukan. Untuk sebagian orang mengeluh sudah jadi suatu rutinitas. Bila Kamu termasuk kelompok orang sukai mengeluh, maka kenalilah kalau rutinitas mengeluh akan tidak buat kondisi jadi lebih baik. Mengeluh jadi juga akan kuras energi dan membuat perasaan negatif masuk dalam diri.

Kalau Kamu memiliki dua orang teman dekat, teman dekat pertama sering mengeluh, lihat dari bagian negatif di setiap peristiwa. Sedang teman dekat ke-2 lihat dari bagian positif. Pertanyaannya, Kamu semakin lebih suka dekat dengan teman dekat pertama atau ke-2? Saya percaya jawaban Kamu teman dekat ke-2. Karena pada intinya kebanyakan orang suka berhubungan dengan beberapa orang positif. Di mana kalimat, perbuatannya membuat, menghibur, memperkuat.

Kenapa Seorang Mengeluh?

Mengeluh terjadi karena kecewa kalau fakta terjadi tidak cocok keinginan. Terlalu konsentrasi pada hasrat. Kecenderungan membanding-bandingkan diri dengan orang yang lain. Perlu diakui kalau tidak semua peristiwa terjadi sesuai sama keinginan.

Bagaimana dapat menyingkirkan rutinitas mengeluh?

Langkahnya sangat mudah. Hanya perlu belajar keluarkan kalimat positif. Mengatakan ucapan sukur dalam beragam kondisi. Karena ucapan sukur adalah kesenangan hidup, dengan bersukur buat hidup jadi tentram, damai.

Jadi contoh, kita mengeluh karena jalanan macet saat mengemudi, Di luar sana ada juta-an orang tidak memiliki kendaraan pribadi. Mengeluh juga akan tumpukan pekerjaan, Kamu perlu tahu berapakah banyak jumlah pengangguran di Indonesia? Menurut info terdapat 7, 17 juta orang tidak miliki pekerjaan. Senantiasa mengungkap ucapan sukur dan tinggalkan kata “mengeluh”. Bersukur karena masih tetap memiliki pekerjaan, pendapatan. Kenalilah ucapan sukur memiliki makna dan arti baik untuk kehidupan.

Narasi kisah inspiratif kehidupan nyata ide mengenai ucapan sukur :

Dalam artikel ini saya juga akan membagikan tiga narasi ide dari ke-3 narasi didalam artikel ini mari kita keduanya sama merenungkan arti di balik mengungkapan ucapan sukur.

1. PANGERAN DAN PATIH KEPERCAYAAN RAJA 

Narasi menarik pertama mengenai seseorang Pangeran dengan Patih keyakinan Raja. Suatu ketika Pangeran ingin pergi berburu. Lalu sang bapak memberikan tugas seseorang patih untuk temani putranya. Mereka mulai pergi, disepanjang perjalanan, ada saja peristiwa yang buat Pangeran geram pada Patih. Seperti : kaki kuda patah hingga ia terjatuh, kehabisan makanan, minuman. Lalu patih temukan buah kelapa untuk dapat diminum airnya dan dikonsumsi buahnya.

Puncaknya terjadi ketika gigi Pangeran patah ketika menelan buah kelapa. Namun Patih jadi tertawa terbahak-bahak lalu berkata “bersyukurlah Pangeran, karena di balik setiap peristiwa ada kebaikan Tuhan”. Maka ia pun murka lalu buang Patih dalam sumur kering. Lalu pergi berburu ke rimba seseorang diri.

Malang nasibnya saat berada di rimba. Ia di tangkap suku primitif. Kemudian selekasnya juga akan disembelih jadi korban persembahan. Tetapi saat golok algojo hampir menyentuh lehernya, ia meringis maka terlihatlah oleh algojo kalau giginya ompong. Karena dipandang tidak layak untuk dipersembahkan, lalu dilepaskan. Pangeran mengungkap “ucapan syukur” dan merta teringat juga akan ucapan Patih “bersyukurlah Pangeran”. Segera bergegas membantu Patih lalu berterimakasih. Sebaliknya Patih juga berterima kasih atas hukuman dari Pangeran. Sebab bila tidak, maka Patih juga akan jadi korban persembahan.

Dari narasi pertama, dapat diambil kesimpulan kalau mudah untuk kita mengucap sukur. Ketika berada dalam kondisi baik atau normal. Namun, alangkah sulitnya mengatakan ucapan sukur ketika berada dalam kesulitan. Karena lebih mudah mengeluh. Lebih disayangkan sekali lagi, beberapa orang lupa mengatakan ucapan sukur. Ketika mereka berada dalam kondisi baik, mereka terlena dengan semua kenyamanan atau kesenangan hidup. Sebuah ucapan sukur sebenarnya, tunjukkan kalau kita adalah pribadi yang menghormati semua pemberian Tuhan dalam kehidupan. Narasi itu juga mengajak kita untuk merenungi arti terselubung pada setiap peristiwa. Terdapat arti indah di balik ucapan sukur.

Yakinlah kalau dibalik semua peristiwa yang buat Kamu mengeluh, terdapat arti positif untuk mengungkap ucapan sukur. Beberapa pakar psikologi menyebutkan “Sikap bersukur adalah emosi tersehat”. Seseorang pakar stress bernama Hans Seyle juga berkata, “Sikap bersukur hasilkan energi emosional lebih baik daripada sikap lain”. Menariknya Kamu senantiasa dapat memilih tanggapan pada setiap peristiwa. Apakah ingin mengeluh atau mengungkap ucapan sukur.

Saya teringat juga akan buku The Law of Attraction (LOA) atau Hukum Ketertarikan yaitu salah satu hukum universal berhasil paling populer. Diangkat melalui buku dan film “the Secret” yang mendunia. LOA menggariskan kalau kita dapat “menarik” beberapa hal, beberapa peristiwa, beberapa orang tertentu dalam kehidupan. Fikiran, perasaan, emosi dan aksi. Membuat energi atau frekwensi tertentu lalu “menarik” energi atau frekwensi sama dengannya kedalam kehidupan.

Pikirkan bila hari-hari Kamu keluarkan kalimat positif, senantiasa mengatakan ucapan sukur, maka automatis kamu kirim tanda baik dan menarik beberapa orang di frekwensi sama masuk dalam kehidupan Kamu. Demikian halnya sebaliknya bila kita mengeluh dan keluarkan kalimat negatif.

Buku Miracle of Water juga mengungkap kalau kalimat sukur, ucapan sukur, kata positif baik melalui ucapan ataupun tulisan dapat buat air beralih jadi indah.

2. KEKURANGAN BUKAN MASALAH 

Narasi ke-2 mengenai seseorang remaja yang merasa kecewa, sedih. Ia mulai mengeluh, mengungkap perasaan negatif yang dirasa. Ia tidak dapat menukar sepatu lamanya yang sudah rusak dengan sepatu baru. Setiap waktu ia rasakan hal semacam ini. Sampai disuatu pagi saat jalan-jalan berjumpalah ia dengan orang cacat tidak memiliki kaki. Namun orang itu tetaplah ceria. Lihat hal semacam ini Remaja itu tersentak lalu mulai berfikir apa yang telah dia keluhkan sampai kini tidaklah problem besar. Ia merasa malu pada dianya. Merasa kalau sikapnya tidak benar. Mulai sejak saat itu juga ia berhenti mengeluh dan mulai belajar selalu untuk mensyukuri apa yang ia punyai saat ini.

Arti yang dapat kita dapat dari narasi ini, tidak setiap kekurangan juga akan buat orang jadi sedih dan kecewa. Ketika ada ucapan sukur didalam kekurangan maka kedamaian, keceriaan juga akan senantiasa berada di dalam diri kita. Seperti orang cacat tidak memiliki kaki dicerita ini.

3. PENGUSAHA DAN ISTRI SETIA 

Narasi ke-3 tentang seseorang entrepreneur yang terbangun di sebuah rumah sakit dan disebelahnya sang istri tetaplah setia mendampinginya melakukan perawatan.
Suami berkata pada Istrinya, “Kamu tahu waktu pertama kalinya kita menikah usaha bangkrut. Engkau berada di sisiku. Kemudian di th. ke-2 pernikahan harta benda keluarga lenyap dicuri orang tetapi Anda tetap masih setia temaniku. Setelah itu sekali lagi saat rumah baru sudah dicicil alami kebakaran Engkau pun di sisiku juga. Melalui semuanya Anda berada di sisiku”.
Istrinya menjawab, “Ya saya juga akan selama-lamanya setia berada di sisimu suamiku dalam kondisi apapun”.
Ia berkata, “Sekarang saya terbaring lemah di rumah sakit, Anda tetaplah berada di sisiku”.
Ia menjawab, “Pasti, saya bersedia berada di sisimu”.
Lalu entrepreneur berkata sekali lagi, “Makanya saat ini saya mulai berfikir kalau hadirnya anda disisiku jadi pembawa semua kesialan”.

Arti narasi ini, Sang suami menyalahkan istri atas semua peristiwa jelek dalam kehidupannya. Ia lihat kalau istrinya jadi penyebabnya atas semua kemalangan dalam kehidupannya. Ketika kita konsentrasi pada hal negatif maka arti yang kita ambillah negatif demikian halnya sebaliknya. Bila ingin diliat dari pojok pandang positif kita dapat saksikan kalau sang istri tetaplah setia mendampingi suami dalam setiap kondisi, saat ini sang suami masih tetap di beri kehidupan dari Tuhan. Ia dapat bangun dari sakit yang ia alami.

Saya ingin menceritakan sepintas mengenai budaya di perusahaan kami, di Aquarius Resources. Kami mulai hari kami dengan mengungkap ucapan sukur. Buat hari-hari kami jadi lebih semangat. Lebih tenang. Melatih diri mulai mengerti beberapa hal kecil ataupun besar yang terjadi dalam kehidupan, lalu mensyukurinya.

Yuk…. Mulai ambillah waktu bersukur sehari-hari. cerita inspiratif kehidupan Mengatakan ucapan sukur atas pekerjaan, kesehatan, keluarga atau apa pun yang bisa disyukuri. Mengatakan ucapan sukur lebih banyak. Yakinlah hidup semakin lebih mudah. Keberuntungan selalu dengan Kamu. Karena dengan mengatakan icapan sukur Kamu dapat lihat beberapa hal yang sampai kini mungkin luput dari pandangan Kamu. Karena Kamu terlalu repot mengeluh.

Pada tiga narasi di atas mengajak kita selalu untuk mengatakan ucapan sukur. Makin banyak bersukur atas apa yang kita punyai dan raih, maka makin banyak juga hal yang kita punyai untuk disyukuri. Demikian halnya ketika kita banyak mengeluh atas problem yang dihadapi, maka janganlah heran bila makin banyak problem yang kita alami untuk dikeluhkan.

Janganlah mengeluh apabila hadapi kesusahan namun kerjakan 5 langkah mudah berikut :
1. Pejamkan Mata
2. Tarik nafas panjang tahan sebentar, lalu hembuskan beberapa perlahan dari mulut
3. Buka mata
4. Tersenyumlah
5. Pikirkan kalau suatu saat kelak Kamu juga akan mengungkap ucapan atas peristiwa susah saat ini.

Senantiasa berfikir positif dan kembangkan sikap penuh sukur, mengatakan ucapan sukur lalu saksikan dan tuliskanlah perubahan-perubahan dalam kehidupan Kamu.

0 komentar:

Posting Komentar